Cara memilih PTN dan Prodi di SNMPTN 2022, Ini Aturannya!

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjelaskan beberapa aturan tentang penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2022. Salah satunya yaitu SNMPTN 2022.

Sosialisasi tersebut dilakukan secara daring dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022, Sabtu (11/12/2021). Jalur penerimaan mahasiswa baru masih sama yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri masing-masing universitas.

Sebelum mengikuti SNMPTN dan SBMPTN, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi P Widyobroto mengatakan siswa kelas 12 harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Bagi siswa yang tahun sebelumnya sudah memiliki akun harap memastikan ada atau tidaknya perubahan data.

Selain itu, Budi juga berpesan agar pihak sekolah segera memverifikasi status akreditasi sekolah dan jumlah siswa di setiap jurusan. Kuota SNMPTN sendiri akan dirilis LTMPT pada 28 Desember 2022.

Pembuatan akun LTMPT dimulai pada 4 Januari-15 Februari 2022. Sedangkan pendaftaran SNMPTN 2022 berlangsung pada 14-28 Februari 2022.

Cara Memilih PTN dan Prodi SNMPTN 2022

1. Memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN.

2. Jika memilih dua prodi maka salah satu prodi harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK tempat asalnya. Namun jika memilih satu prodi, siswa dapat memilih prodi di provinsi manapun.

“Misalnya SLTA-nya di Makassar, kalau memilih dua program studi kemudian di UI semua atau satu UI dan satunya ITB, itu tidak boleh. Salah satunya harus di provinsi yang sama dengan asal sekolahnya, misalnya Unhas dan UI,” ujar Budi.

Sedangkan untuk SBMPTN 2022, siswa dapat memilih dua prodi di 2 PTN yang berlokasi di provinsi manapun tak harus sesuai dengan SMA/MA/SMK tempat asalnya.

3. Tidak Disarankan Lintas Minat tetapi Tergantung Ketentuan PTN yang Dituju

“Kami wanti-wanti atau memberi pesan kepada adik-adik yang dari sosial atau IPS jangan mengambil prodi IPA, karena pengalaman yang sudah-sudah banyak yang gagal. Tapi kalau adik-adik dari IPA, terus terang dari prodi entah akuntansi, manajemen, komunikasi, hubungan internasional, banyak sekali yang dari IPA,” ujar Budi.

Ia menyarankan agar para siswa yang mengikuti SNMPTN 2022 memilih prodi yang benar-benar disenangi karena jika telah diterima di SNMPTN 2022 tidak dapat mengikuti UTBK SBMPTN 2022.

Sehingga memilih jurusan harus dengan pertimbangan yang matang.

“Kalau senangnya satu ya satu saja, kalau dua senang, ya pilih dua, jangan sampai bila sudah diterima tidak dipakai,” jelas Budi.

Nah jadi detikers harap pilih prodi SNMPTN 2022 dengan bijaksana dan sungguh-sungguh ya!

Sumber: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5850652/cara-memilih-ptn-dan-prodi-di-snmptn-2022-ini-aturannya

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.