utbk-unair_169

UTBK SBMPTN Gelombang 2 Dimulai 26 April, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2021 Gelombang 2 akan dilaksanakan mulai Senin 26 April 2021. Pihak pelaksana LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) membagikan hal-hal yang wajib diperhatikan saat dan setelah ujian berlangsung.

Pelaksanaan UTBK Gelombang 2 dilaksanakan selama masa pandemi COVID-19. Jadi dalam pelaksanaannya tetap harus memerhatikan protokol kesehatan.

Selain itu, LTMPT juga mengingatkan peserta untuk mulai menyiapkan dokumen yang harus dibawa hingga aturan saat meninggalkan ruang ujian.

“Halo calon mahasiswa Indonesia! Dalam rangka menekan penyebaran virus COVID-19, LTMPT mengimbau siswa untuk menaati seluruh peraturan yang ditetapkan termasuk begitu siswa selesai melaksanakan tes seleksi,” tulis LTMPT, hari ini (24/4/2021).

Berikut ini hal-hal yang wajib diperhatikan saat dan setelah mengikuti UTBK Gelombang 2 selama masa pandemi yang dikutip dari akun resmi Instagram LTMPT (@ltmptofficial).

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ujian:

  1. Siapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas.
    Benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan simpan di tempat yang disediakan.
  2. Ikuti instruksi pengawas dan patuhi tata tertib ujian;
  3. Dilarang berbicara dengan peserta lain setelah masuk ke ruang ujian;
  4. Kerjakan ujian sesuai dengan petunjuk dan tetap patuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Jadi, tetap gunakan masker ya.
  5. Sebelum UTBK selesai, peserta tidak diperkenankan untuk keluar ruangan.

Peserta ujian juga dibolehkan untuk bertanya kepada pengawas dengan mengacungkan tangan. Namun, pertanyaan yang diperkenankan adalah pertanyaan di luar materi soal ujian.

2 Hal yang Diperhatikan Setelah Ujian

  1. Bila waktu ujian sudah selesai, peserta diminta tetap duduk hingga dipersilakan keluar ruangan oleh pengawas; dan
  2. Ketika keluar ruangan pun harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga jarak dan tetap pakai masker, ya!

Sebagai informasi tambahan, UTBK Gelombang 2 jadwalnya akan dilaksanakan pada 26 – 30 April 2021 dan 1 – 2 Mei 2021. Jadwal atau hari pelaksanaan UTBK Gelombang 2 dilakukan penambahan waktu, yaitu tanggal 3 – 4 Mei 2021.

Dengan rincian Pusat UTBK UI (Universitas Indonesia), UNJ (Universitas Negeri Jakarta), dan UPN Jakarta (Universitas Pembangunan Nasional) sebanyak 4 sesi. Kemudian Pusat UTBK Unsulbar (Universitas Sulawesi Barat) pada tanggal 3 Mei 2021 sebanyak 2 sesi.

Untuk yang akan berjuang UTBK Gelombang 2, semoga sukses, ya!

Sumber: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5544723/utbk-sbmptn—gelombang-2-dimulai-26-april-apa-saja-yang-harus-diperhatikan